Tutorial membuat sistem presensi pegawai
Assalamualaikum wr.wb.
Alhamdulillah saya ucapkan puji dan syukur kepada tuhan yang
maha esa. Atas karunia dan rahmat yang diberikan sehingga akhirya dapat
menyelesaikan modul ini dengan tepat waktu. Projek ini dibuat sebagai tugas
dari matakuliah Multimedia dari jurusan ilmu komunikasi.
Modul ini kami susun secara cepat dengan bantuan dari anggota kelompok kami dan dukungan berbagai pihak diantaranya bapak Agung Fazriansyah, M.kom selaku dosen matakuliah Multimedia. Oleh karena itu terimakasih atas waktu, tenaga, dan pikirannya yang telah diberikan.
Kami juga menyadari jika pembuatan modul ini masih memiliki banyak kekurangan, karena itu kritik dan saran terbuka sangat diterima dengan sifat membangun. Diharapkan semoga modul ini dapat memberikan manfaat yang baik
MEMBUAT MENU UTAMA
- Menu utama di desain menggunakan warna dasar biru di sheet yang sudah dihilangkan gridlines nya. Cara menghilangkan gridlines adalah dengan Home > View > Gridlines
- Setelah menghilangkan gridlines langkah selanjutnya adalah merubah semua cell menjadi berwarna biru dengan cara block semua cel. (Ctrl + A) > klik kanan mouse > format cells > fill
- Selanjutnya membuat border 2x9 menggunakan All border yang akan digunakan untuk mamasukan data dari kelurahan yang akan didata.
- Masukan data secara manual, pada bagian Tanggal otomatis menggunakan rumus =TEXT
- Pada bagian Tahun presensi menggunakan rumus =YEAR yang diambil dari data tanggal otomatis.
- Selanjutnya membuat menu dengan menggunakan shape, disini saya menggunakan hyperlin Klik kanan shape > hyperlink > place in document > pilih tujuan sheet sesuai keinginan
- Pada bagian ini gridline sudah dihilangkan dengan cara yang sama seperti tadi
- Untuk bagian NO dan jabatan menggunakan 2 cel yang digabungkan menggunakan Merge dan center
- Selanjutnya menambahkan shape dan hyperlink yang diarahkan pada menu utama
- Data tanggal kerja dimasukan secara manual tanpa menggunakan rumus
- Pada bagian Nama dan Jenis kelamin menggunakan rumus =VLOOKUP yang diambil dari sheet Master pegawai.
- Cukup mengetikan NIP maka nama dan jenis kelamin akan muncul secara otomatis
- Untuk jumlah hadir hanya data 1 (hadir) yang dihitung menggunakan rumus =SUMIF untuk menentukan range dan kriteria.
- Untuk menghitung jumlah hari kerja digunakan rumus =COUNT untuk menentukan range nya. Range diambil dari data tanggal kerja.
- Selanjutnya menghitung prosentase kehadiran dalam 1 bulan kerja, menggunakan rumus jumlah hadir : jumlah hari x 100%
- Selanjutnya memberikan warna/bar prosentase menggunan fungsi conditional formatting
- Pada bagian nama dan jenis kelamin menggunakan rumus =VLOOKUP yang diambil dari sheet master pegawai.
- Cukup mengetikan NIP maka nama dan jenis kelamin akan muncul secara otomatis
- Pada jumlah hadir Oktober, November dan Desember diambil dari masing-masing sheet presensi menggunakan =VLOOKUP.
- Pada total jumlah hadir menggunakan rumus Oktober + November + Desember
- Untuk menghitung jumlah bulan kerja menggunakan rumus =COUNTA
- Untuk menghitung jumlah hari kerja menggunakan rumus, jumlah hari kerja Oktober + jumlah hari kerja November + jumlah hari kerja Desember.
- Selanjutnya menghitung prosentase kehadiran dalam 3 bulan kerja, menggunakan rumus. Jumlah hadir : Jumlah hari x 100%
- Selanjutnya memberikan warna/bar prosentase menggunakan fungsi conditional formatting.









Komentar
Posting Komentar